Pages

Thursday, January 31, 2013

Jafar GURU INDONESIA

Apakah Supervisi Akademik itu ?

Supervisi akademik adalah serangkaian kegiatan untuk membantu guru

mengembangkan kemampuannya dalam mengelola PBM agar mampu mencapai

tujuan pembelajaran.



Sebagai penilaian kinerja guru dalam mengelola PBM sesuai dengan

kemampuannya. Supervisi akademik sebagai refleksi praktis untuk

melihat realitas dalam pengelolaan KBM mulai dari perencanaan

penyajian materi, penilaian dan perbaikan dari hasil PBM, melihat

kelebihan dan kekurangan guru dan upaya untuk mengembangkan kemampuan

guru untuk memfasilitasi belajar bagi murid agar kualitas hasil

belajar optimal



Hakikat (Esensi) dari Supervisi Akademik adalah membantu guru

mengembangkan kemampuan profesionalnya dengan tetap tidak terlepas dan

penilaian unjuk kerja guru dalam mengelola PBM



Tujuan Supervisi Akademik adalah :

Membantu guru mengembangkan kemampuan profesionalnya. Diselenggarakan

untuk memonitor KBM di sekolah melalui class visit kepsek di saat guru

mengajar, percakapan pribadi dengan guru, teman sejawat atau dengan

sebagian murid-muridnya

Mendorong guru menerapkan kemampuannya dalam melaksanakan tugasnya

mendorong guru agar memiliki komitmen terhadap tugas dan tanggung

jawab.



Implementasi Kepala Sekolah dalam fungsi Supervisi Akademik dalam

mengubah prilaku pengajaran guru



Demokrasi, musyawarah dalam melakukan koreksi terhadap kekurangan guru

Tidak bersifat menghakimi dan memvonis

Menghargai potensi kelebihan seorang guru

Dengan visit class untuk melihat secara langsung pelaksanaan guru

dalam proses PBM

Evaluasi terhadap PBM

Menunjukkan kekurangan dalam pelaksanaan PBM dan membantu mencari solusinya

Keterkaitan antara tujuan yang satu dengan tujuan lain.



Dari pengalaman, metode dan teknik apa saja yang sering dilakukan

pengawas atau KS dalam melaksanakan pembinaan profesional akademik

para guru.



Metode Supervisi Akademik



Monitoring dan evaluasi, memonitoring pelaksanaan PBM mulai dari

program, pelaksanaan dan evaluasi

Dalam pembinaan sering lebih menitikberatkan pada kekurangan

potensi guru kelebihan diabainya

Kadang formal sehingga pelaksanaan supervisi merupakan suatu

hukuman dan vonis dari kekurangan

Kadang supervisor bertindak sebagai inspektur

Kepala sekolah tidak aktif dan kooperatif

Perbaikan Program Akademik selalu menekankan kinerja guru

Kompetensi kepala sekolah yang bertindak tidak profesional

copas: http://unsilster.com/2011/10/perbedaan-antara-supervisi-akademis-dan-supervisi-managerial







Nama : Jafar

Alamat : tarakan - smpn3trk

No comments:

Post a Comment