Pages

Monday, August 3, 2009

Standar Pendidikan Seni dan Budaya (Materi C)

Materi C. 
Respon Kritik dalam Seni

Memahami pembelajaran, tantangan dan dukungan setiap siswa/mahasiswa  untuk mewujudkan potensi maksimal nya dan untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengidentifikasi, membandingkan, membedakan dan  menganalisis kerja  dalam seni dalam konteks sejarah dan budaya

Tujuan Instruksional Umum
Materi dapat dipersempit atau diperluas sesuai dengan kebutuhan untuk pendidikan seni dan budaya di SD,SMP,SMU , SMK dan Perguruan Tinggi


C.1 Proses Kritik
      1.  Mengenal proses kritik yang digunakan dalam pemeriksaan karya  seni dan  budaya  
a.  Membandingkan dan Membedakanb.  Menganalisis c.  Menginterpretasikan d.  Membentuk dan menguji hipotesis e.  Mengevaluasi /membentuk penilaian 

Literatur: (1) Feldman (1967), Art as Image and Idea, bagian tahap kritik
                   (2) Ketrampilan menulis-mengarang, writing skills
                   (2) ketrampilan mengarang/menulis (2) Inggris/teori
                        Bahan diskusi untuk pembaca blok ini (discussion material for readers of this 
                        block)

     2.  Mengidentifikasi proses yang penting dalam pemeriksaan karya seni dan  budaya
a. Membandingkan dan Membedakanb. Menganalisisc. Menginterpretasikan d. Membentuk dan menguji hipotesis e. Mengevaluasi /bentuk penilaian 

Literatur: Contoh (1) Hawley-Dolan & Winner. 2011. Seeing the Mind Behind the Art: People Can Distinguish Abstract Expressionist Paintings From Highly Similar Paintings by Children, Chimps, Monkeys, and Elephants. http://dx.doi.org/10.1177/0956797611400915,      (2) Perbedaan dan persamaan antara seni murni (art)  dan desain (untuk bahan diskusi bagi pembaca blog ini/ discussion material for readers of this block)

    3.   Mengetahui dan menerapkan proses  kritik  untuk pemeriksaan karya seni dan
          budaya
a. Membandingkan dan Membedakanb. Menganalisisc. Menginterpretasikan d. Membentuk dan menguji hipotesis e. Mengevaluasi /membentuk penilaian 
          Proses pembelajaran: 
          (1)  Mengarang beberapa paragraf dengan mengamati sebuah karya
          (2)  Mengarang artikel pendek dari sebuah karya dengan gaya tertentu 
                (essay)
          (3) Mengarang artikel dari sebuah pameran/museum (Essay)
                Catatan untuk siswa SD sampai SMU/SMK dapat dilakukan dengan
                mengunjungi pameran atau ke museum seni (bahan diskusi bagi pembaca 
                blog ini/ discussion material for readers of this block)
               (a  how to discuss the   work at the museum for children 
               (b) constructive learning

    4.  Menjelaskan dan menerapkan proses pemeriksaan  kritik  karya  seni dan  budaya 
         tertentu
a. Membandingkan dan Membedakanb. Menganalisis c. Menginterpretasikand. Membentuk dan menguji hipotesis  e. Mengevaluasi / membentuk penilaian 
 Proses pembelajaran: 
 (1) Mengarang beberapa paragraf dengan mengamati karya budaya
 (2) Mengarang artikel pendek dari sebuah karya budaya 
 (3) Mengarang artikel dari karya budaya
Catatan untuk siswa SD sampai SMU/SMK dapat dilakukan dengan mengunjungi  pameran atau ke museum seni
 (4) (bahan diskusi bagi pembaca blog ini untuk tingkat universitas/ discussion material for readers of this block) 
      (a) Level of discourse in the analysis of art (introduction)
      (b) Theory and practice discourse

C. 2 Kriteria Kritik

1. Mengetahui bahwa  kerja  seni dapat digambarkan (dideskripsikan) dengan menggunakan
    unsur-unsur seni, prinsip dan konsep-konsep (misalnya, penggunaan elemen warna, 
    bentuk dan pola dari karya pelukis Mondrian, memahami penggunaan dinamika, tempo, 
    tekstur karya Broadway Boogie-woogie, penggunaan dinamika, tempo, tekstur Bolero
     Ravel). 

     Literatur: Pelaksanaan pelajaran respon kritik dalam kelas
     (1) Kritik seni rupa
     (2)  Kritik Seni Tari
     (3) Kritik Teater
     (4)  Kritik Musik

2. Menjelaskan  kerja   seni  dengan membandingkan ciri-ciri atau karakter yang sama dan 
    berbeda  dari karya seni.
   
 Literatur: (1) Membandingkan lukisan realis dengan impresionisme

3. Menganalisis dan menafsirkan karakteristik khusus dari  setiap bentuk kerja   seni  
    (misalnya,skala pentatonik musik Korea dan musik Indonesia).

4. Menentukan dan menerapkan kriteria untuk  kerja  seseorang dan karya orang lain dalam 
    seni.
    C. 3. Pengklasifikasian Karya Seni

    1.  Mengetahui pengelompokan seni berdasarkan  skill , bahan  (material), dan proses yang     digunakan untuk membuat karya  seni  (misalnya, pengelompokan karya berdasarkan bahan     tekstil, jenis nyanyi, jenis  musik, komedi televisi, klassifikasi berdasarkan skill, material,      proses seni yaitu bagaimana mereka dibuat)

         Literatur: (bahan diskusi) Klassifikasi seni

    2. Klasifikasi  kerja  seni  dari bentuk-bentuk di mana mereka berada (misalnya, pantomin,
        arsitektur, desain grafis, lukisan, dsb). 

    3. Mengidentifikasi  dan mengklasifikasikan berdasarkan coraknya: yaitu gaya, bentuk
        jenis dan bentuk genre seni (misalnya, tari modern dan tarian etnik, balada dan lagu 
        patriotik). 

    4. Menerapkan sistem klasifikasi untuk menafsirkan karya-karya seni dan membentuk 
         respon kritik antara lain sebagai berikut ini.
         (1) sistem klasifikasi berdasarkan ketrampilan, bahan, proses
         (2) klasifikasi berdasarkan tempat
         (3) klasifikasi berdasarkan corak 
       Literatur (1) how can we classify art?? - Pinoy Henyo

    (bahan diskusi bagi pembaca blog ini/ discussion material for readers of this block) (1) Classification system of art workl
      C. 4 Kosakata  Kritik
      1. Menjelaskan arti  seni dan  budaya melalui hasil kerja individu dan orang lain dengan menggunakan kosakata dasar kritik
      2. Membandingkan aspek penting yang sama dan berbeda dari  karya  seni dan  budaya  didasarkan pada seperangkat pedoman (pemakaian) kosakata yang komprehensif dari  kritik .
      3. Mengevaluasi  kerja   seni  dan budaya  menggunakan kosakata yang lebih kompleks dari kritik .
      4. Menganalisis dan menginterpretasikan  kerja   senidan  budaya  dari masyarakat yang berbeda menggunakankosa kata budaya yang spesifik  untuk  kritik.
      Literatur: (1) Kosa kata Kritik seni
        C. 5 Tipe Analisa kritik
        1.  Mengenali dan mengidentifikasi tipe analisis  kritik seni dan budaya
             • Kritik Kontekstual• Kritik Formal kritik• Kritik Intuitif 
        2.  Menjelaskan dan menggunakan tipe analisis  kritik  seni dan budaya.
             • Kritik Kontekstual• Kritik Formal kritik• Kritik Intuitif 
        3.  Menginterpretasikan  berbagai tipe analisis  kritik seni dan budaya
             • Kritik Kontekstual• Kritik Formal kritik• Kritik Intuitif
        4. Menginterpretasikan dan menggunakan berbagai tipe analisis  kritik  seni dan budaya
             • Kritik Kontekstual• Kritik Formal kritik• Kritik Intuitif

        C. 6 Kritik Komparasi (Kritik Perbandingan)
        1. Mengetahui bagaimana mengenali dan mengidentifikasi karakteristik yang sama dan  berbeda di antara karya-karya seni (misalnya, keramik satu daerah dibandingkan dengan daerah/budaya lain, surealisme Yogya dibandingkan dengan surealisme Sadali).
        2. Mengetahui bagaimana mengenali proses kritik dalam mengidentifikasi dan menganalisis karakteristik antara  kerja   seni.
        3. Menerapkan  proses kritik untuk mengidentifikasi karakteristik antara kerja   seni.
        4. Menganalisis proses kritik digunakan untuk membandingkan makna dari suatu karya  seni  waktu baik sendiri dan sekarang.
        5. Literatur: (1)Art criticism and formal analysis outline
          C. 7 Bentuk Kritik  Seni
          1. Mengetahui dan menunjukkan posisi  kritik seorang atau pendapat yang terkait dengan karya  seni dan  budaya (misalnya, saya suka lagu-lagu patriotik karena ...; film ini dinikmati untuk efek yang luar biasa). Lihat tulisan Fedman, bagian jenis kritik jurnalistik, kritik pedagogik, kritik populer, dan kritik intuitif (subjektif)
          2. Menjelaskan posisi kritik seseorang terhadap  karya yang dipilih dari seni dan  budaya  (misalnya, presentasi mahasiswa tentang  perkembangan animasi  Walt Disney, Mickey dan Minnie Mouse).
          3. Membandingkan dan membedakan posisi  kritik  dari karya yang dipilih dalam seni dan  budaya  (misalnya, review kritikus  tertentu).
          4. Menganalisis  kerja   seni melalui referensi  dan penilaian lanjutan oleh para kritikus seni serta kritik dan analisis  sendiri.
          Literatur: How to Provide Helpful Critiques to Other Writers.
            Catatan sebagai pedoman
            1. Analisis  kritik yaitu proses pemeriksaan dan mendiskusikan penggunaan efektif dari aspek-aspek tertentu dari karya-karya  seni.
            2. Budaya yaitu  cara hidup sekelompok orang, termasuk adat istiadat, kepercayaan, seni, lembaga dan pandangan dunia. Budaya diperoleh melalui banyak cara dan selalu berubah.
            3. Genre yaitu suatu jenis atau kategori (misalnya, musik - opera, oratorio; teater- tragedi, komedi, tari - modern, balet, seni visual-pastoral, adegan kehidupan sehari-hari).
            4. Komunitas yaitu sekelompok orang yang memiliki warisan sosial, sejarah, regional atau budaya umum.
            5. Konteks yaitu sebuah set kondisi latar belakang yang saling terkait (misalnya, sosial, ekonomi, politik) yang mempengaruhi dan memberi makna untuk pengembangan dan penerimaan pikiran, ide atau konsep dan yang mendefinisikan budaya pada era tertentu.
            6. Kritik formal yaitu  diskusi dan penilaian dari kosa kata (vocabulary) elemen/unsur-unsur dan prinsip-prinsip penting dari seni.
            7. Kritik Intuitif yaitu  diskusi dan penilaian yang berwawasan subjektif dari seseorang.
            8. Kritik kontekstual yaitu  diskusi dan penilaian  dengan mempertimbangkan faktor-faktor sekitar asal usul dan warisan budaya tertentu.
            9. Proses  kritik  yaitu  penggunaan dan pemeriksaan berurutan melalui perbandingan, analisis, pembentukan interpretasi, dan pengujian hipotesis dan evaluasi untuk membentuk penilaian.
            10. Tanggapan  kritik/kritis  yaitu  tindakan atau proses menggambarkan dan mengevaluasi media, proses dan makna karya  seni dan membuat penilaian komparatif.
            11. Tradisi yaitu pengetahuan, pendapat dan kebiasaan kelompok yang dirasa penting oleh anggotanya yang  terus dilatih dan disebarkan ke generasi lainnya.

            No comments:

            Post a Comment