Materi B.
Hubungan Sejarah dan Budaya dengan Seni
Tujuan Instruksional Umum
Hubungan Sejarah dan Budaya dengan Seni
Tujuan Instruksional Umum
Memahami pembelajaran, tantangan dan dukungan setiap siswa/Mahasiswa untuk mewujudkan potensi maksimal nya dan untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengidentifikasi, membandingkan, membedakan dan menganalisis kerja seni dalam konteks sejarah dan budaya.
Pembelajaran seni, budaya, dan sejarah selalu ditujukan kepada apa yang kita miliki sendiri atau seni dan budaya yang ada di negeri ini (lokal, nasional maupun yang berasal dari mancanegara). Pembelajaran itu merupakan sebuah strategi, yaitu bagaimana menyiasati, menggali ciri-cirinya, mereproduksinya un tuk memahaminya. Khusus untuk seni dan budaya lokal sebagian besar seni budaya lama yang mungkin sudah “ketinggalan jaman” dan dapat dikemas lagi melalui visi baru. Beberapa strategi itu dapat dilihat dalam tahap-tahap pembelajaran seperti berikut ini.
Materi dapat dipersempit atau diperluas sesuai dengan kebutuhan untuk pendidikan seni dan budaya di SD,SMP,SMU , SMK dan Perguruan Tinggi
B.1. Memahami Konteks Kerja Seni
- Menjelaskan karya individu dalam konteks sejarah, budaya dan sosial.
- Literatur: (contoh)
- (1) Leonardo da Vincy
- (2) Pengaruh Seni Primitif Afrika pada karya Picasso
B. 2. Memahami Alur/ Tahapan Kerja Seni
- Mengkaitkan hasil kerja seni seseorang dalam kronologi peristiwa sejarah (misalnya, 10.000 SM sampai sekarang).
- Literatur:
B. 3 Memahami Gaya dan Genre/ jenis karya Seni dalam konteks sosial dan budaya
- Mengkaitkan kerja seni dengan berbagai variasi gaya dan genre dan periode di mana mereka diciptakan (misalnya, Zaman Perunggu, Dinasti Ming, Renaissance, Klasik, Modern, Post-Modern, Kontemporer, Futuristik, lain-lain).
- Literatur:
B.4 Pandangan Sejarah dan sosial-budaya
- Menganalisis karya seni dari perspektif sejarah dan budaya.
- Literatur (contoh): (1) art analysis by history
- seni sebagai alat politik masyarakat/komunitas
- seni sebagai alat pendidikan:Autism Educational Tool, Learning Disabled Educational Help ...
B. 5 Sejarah dan Budaya Dampak terhadap Karya Seni
- Menganalisis bagaimana peristiwa sejarah dan budaya berpengaruh kepada bentuk, teknik, dan tujuan kerja seni (misalnya, operet Gilbert dan Sullivan atau misalnya, kenapa lukisan-lukisan era Barok di Eropah bersifat adegan panggung/dramatik).
- (1) karakter seni lukis Barok
- (2) Karakter seni wayang kulit /Indonesia) baca tulisan Primadi Tabrani (dosen ITB)
- karakter karya seniman akademik dan non akademik (bahan diskusi)
B. 6 Memahami Kosakata untuk Konteks Sejarah dan Budaya
- Mengenal dan menerapkan kosakata yang tepat digunakan antar llmu sosial ,seni dan budaya.
- Literatur: (1) contoh art, social and culture
B. 7 Memahami Wilayah dan geografi seni
- Menghubungkan kerja di seni untuk wilayah geografis tertentu antara lain:
1) Afrika
2) Asia (China, India, Jepang, Islam)
3) Australia
4) Amerika Tengah
5) Eropa
6) Amerika Utara Amerika Selatan
Literatur: (bahannya banyak)
Literatur: (bahannya banyak)
B. 8 Mempelajari Seniman Lokal dan Nasional
- Mengidentifikasi, menggambarkan dan menganalisis karya Seniman lokal/ nasional pada bidang tari, musik, teater dan seni visual.
- Literatur:
- (1) contoh analisa seni lukis abstrak Yogyakarta
B.9 Memahami hubungan keyakinan Filsafat dengan kerja seni
- Mengidentifikasi, menjelaskan dan menganalisis keyakinan filosofis yang berhubungan dengan kerja seni (misalnya, terhadap arsitektur klasik, musik rock, tarian asli Amerika, seni lukis atau musik teater kontemporer Indonesia atau Amerika).
- Literature (contoh) (1) Asian Art
B.10. Memahami Perbedaan Seni dalam Sejarah dan Budaya
- Mengindentifikasi dan menganalisis perbedaan seni dalam konteks perbedaan latar budaya dan sejarah ( misalnya cara drama shakespeare, cara kerja Michelanglo, cara musik dan teknik tari etnis tertentu di Indonesia).
- Literatur:(bahannya banyak)
B. 11. Memahami masing-masing Tradisi berkarya Seni
Mengidentifikasi, menjelaskan dan menganalisis tradisi masing-masing kerja seni (misalnya, tradisi story telling, permainan rakyat, cerita lisan sejarah, lagu rakyat dsb.).
Literatur: (bahannya banyak)
Literatur: (bahannya banyak)
B.12. Tema umum karya Seni
Mengidentifikasi, menjelaskan dan menganalisis tema umum, bentuk dan teknik dari
karya seni.
Literatur: (1) contoh General theme
No comments:
Post a Comment