Pages

Sunday, August 2, 2009

Standar Pendidikan Seni dan Budaya (Materi B)

Materi B. 
Hubungan Sejarah dan Budaya dengan Seni


Tujuan Instruksional Umum

Memahami pembelajaran, tantangan dan dukungan setiap siswa/Mahasiswa  untuk mewujudkan potensi maksimal nya dan untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengidentifikasi, membandingkan, membedakan dan  menganalisis kerja  seni dalam konteks sejarah dan budaya.

Pembelajaran seni, budaya, dan sejarah selalu ditujukan kepada apa yang kita miliki sendiri atau seni dan budaya  yang ada di negeri ini (lokal, nasional maupun yang berasal dari mancanegara). Pembelajaran itu merupakan sebuah strategi, yaitu bagaimana menyiasati, menggali ciri-cirinya, mereproduksinya un tuk memahaminya. Khusus untuk seni dan budaya lokal sebagian besar seni budaya lama yang mungkin sudah “ketinggalan jaman” dan dapat dikemas lagi melalui visi baru. Beberapa strategi itu dapat dilihat dalam tahap-tahap pembelajaran seperti  berikut ini.
Materi dapat dipersempit atau diperluas sesuai dengan kebutuhan untuk pendidikan seni dan budaya di SD,SMP,SMU , SMK dan Perguruan Tinggi



B.1. Memahami Konteks Kerja  Seni
B. 2. Memahami Alur/ Tahapan Kerja  Seni
  •  Mengkaitkan hasil   kerja  seni  seseorang  dalam kronologi peristiwa sejarah (misalnya, 10.000 SM sampai sekarang). 
  • Literatur:
B. 3 Memahami Gaya dan Genre/ jenis karya  Seni dalam konteks sosial dan budaya
  •  Mengkaitkan  kerja   seni dengan berbagai variasi gaya  dan genre dan periode di mana mereka diciptakan (misalnya, Zaman PerungguDinasti Ming, Renaissance, Klasik, Modern, Post-Modern, Kontemporer, Futuristik, lain-lain). 
  • Literatur:
B.4 Pandangan Sejarah dan sosial-budaya


    B. 5 Sejarah dan Budaya Dampak terhadap Karya  Seni
    • Menganalisis bagaimana peristiwa sejarah dan budaya berpengaruh kepada bentuk,  teknik, dan tujuan kerja   seni (misalnya, operet Gilbert dan Sullivan atau misalnya, kenapa lukisan-lukisan era Barok di Eropah bersifat adegan panggung/dramatik).
    Literatur (contoh)
    • (1) karakter seni lukis Barok
    • (2) Karakter seni wayang kulit /Indonesia) baca tulisan Primadi Tabrani     (dosen ITB)
    • karakter karya seniman akademik dan non akademik (bahan diskusi)
    B. 6 Memahami Kosakata untuk Konteks  Sejarah dan Budaya
    •  Mengenal dan menerapkan kosakata yang tepat digunakan antar llmu sosial ,seni dan  budaya.
    • Literatur: (1) contoh  art, social and culture
    B. 7 Memahami Wilayah dan geografi  seni
    • Menghubungkan kerja  di seni untuk wilayah geografis tertentu antara lain:
    1)      Afrika
    2)      Asia (China, India, Jepang, Islam)
    3)      Australia
    4)      Amerika Tengah
    5)      Eropa
    6)      Amerika Utara Amerika Selatan

    Literatur: (bahannya banyak)

    B. 8 Mempelajari Seniman Lokal dan Nasional
    • Mengidentifikasi, menggambarkan dan menganalisis karya Seniman lokal/ nasional pada bidang tari, musik, teater dan seni visual.
    • Literatur:
    • (1) contoh analisa seni lukis abstrak Yogyakarta
    B.9 Memahami hubungan keyakinan Filsafat   dengan kerja seni
    •  Mengidentifikasi, menjelaskan dan menganalisis keyakinan filosofis  yang berhubungan dengan kerja  seni (misalnya, terhadap arsitektur klasik, musik rock, tarian asli Amerika, seni lukis atau musik teater kontemporer Indonesia atau Amerika).
    • Literature (contoh)  (1) Asian Art
    B.10. Memahami Perbedaan Seni dalam Sejarah dan Budaya
    • Mengindentifikasi dan menganalisis perbedaan seni dalam konteks perbedaan  latar budaya  dan sejarah ( misalnya cara drama shakespeare, cara kerja Michelanglo, cara musik dan teknik tari etnis tertentu di Indonesia).
    • Literatur:(bahannya banyak)
    B. 11. Memahami masing-masing Tradisi berkarya Seni
          Mengidentifikasi, menjelaskan dan menganalisis tradisi masing-masing kerja seni (misalnya, tradisi story telling, permainan rakyat, cerita lisan sejarah, lagu rakyat dsb.).
    Literatur: (bahannya banyak)

    B.12. Tema umum  karya Seni
               Mengidentifikasi, menjelaskan dan menganalisis tema umum, bentuk dan teknik dari 
               karya seni.

    Literatur: (1) contoh General theme

    No comments:

    Post a Comment