Pages

Tuesday, August 4, 2009

Standar Pendidikan Seni dan Budaya (Materi D)


Materi D. Respon Estetik


Memahami pembelajaran, tantangan dan dukungan setiap siswa/mahasiswa  untuk mewujudkan potensi maksimalnya dan untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengidentifikasi, membandingkan, membedakan dan  menganalisiskerja  dalam seni dalam konteks sejarah dan budaya

Tujuan Instruksional Umum
Materi dapat dipersempit atau diperluas sesuai dengan kebutuhan untuk pendidikan seni dan budaya di SD,SMP,SMU , SMK dan Perguruan Tinggi



D.1 Studi Filsafat Individu dan Filsafat Kelompok Budaya 

(memahami apa sebenarnya filsafat itu dalam kehidupan sehari-hari dalam pandangan individu dan sosial)

1. Mengetahui bagaimana bentuk-bentuk tanggapan pernyataan filosofis tentang karya seni  
     dan  budaya  (misalnya, "Dapatkah karya seni  menggambarkan hal-hal yang jelek atau 
     tidak menyenangkan  dan pernah menjadi indah?")
     Literatur: (1) contoh pernyataan filosofis, (2) Estetik sebagai filsafat, (3) filsafat 
                             keindahan dalam kehidupan sehari-hari

2. Mengidentifikasi pemakaian simbol-simbol ekspresi/ungkapan yang dapat menunjukkan
     makna filosofis  dari  karya  seni  dan  budaya  (misalnya, dari iklan TV Amerika melawan
     iklan TV Asia). 
     Literatur: (1) Sekolah Frankfurt

3. Membandingkan dan membedakan makna filosofis kerja  seni dan  budaya  dari 
     kelompok dan  individu  (misalnya, kelompok diskusi tentang teater musikal dibandingkan 
     konsep individu tentang teater musikal).
     Literatur bahan diskusi : (2) Philosophy of modern art and philosophy of ..
    
4. Mengevaluasi pernyataan filosofis individu pada sebuah karya  seni dan 
     menghubungkannya dengan kehidupan sendiri berdasarkan pengetahuan dan pengalaman.
      Literatur: (1) What is contemporary art?

D.2 Interpretasi / Penafsiran Estetik

1.  Mengetahui  bagaimana  informasi pendapat individu atas makna kerja  seni 
     dikomunikasikan  sesuai dengan latar budayanya. 
     Art Criticism and Theory @ Art + Culture

2.Menyelidiki dan mengkomunikasikan beberapa pandangan filosofis tentang karya 
   seni.

3. Membandingkan dan menggali pendapat  yang berbeda  dari individu  tentang makna 
    kerja   seni untuk orang lain (misalnya, debat pendapat filosofis dalam 
     website seorang artis)

4. Menjelaskan dan menganalisis efek yang kerja   seni terhadap kelompok, individu dan 
    budaya

D.3 Pengaruh Lingkungan terhadap Interpretasi

 1. Mengamati bahwa lingkungan pengamat estetik berpengaruh terhadap respon estetik 
     individu terhadap karya  seni (misalnya, efek musik hidup/ life music sebagai lawan untuk 
     mendengarkan bagian yang sama di radio mobil)  (lingkungan pengamatan estetik yang 
     berbeda dengan objek seni yang sama).
     Literatur bahan diskusi:
     (1) Aesthetic Response as Coping Behavior: An Anthropological 
     (2) A Functional Model of the Aesthetic Response
     (3) The social construction of aesthetic response

2. Identifikasi  berbagai  atribut "lingkungan audiens yang dapat mempengaruhi tanggapan
    estetika individu (misalnya, Musik  Beatles  yang dimainkan oleh  pemusik tertentu). 

3. Menjelaskan bagaimana atribut lingkungan mempengaruhi tanggapan estetik 
     penonton  (misalnya, tampilan suasana teater  tertentu). 

4. Membandingkan dan membedakan atribut lingkungan berbagai audiens ' yang  mempengaruhi tanggapan estetika individu (misalnya, melihat tarian tradisional yang ditampilkan pada sebuah gedung konser atau sebaliknya pada tv atau video). 

D.4 Pilihan Artistik

1.  Menyadari bahwa pilihan yang dibuat oleh seniman tentang subyek dan tema dapat
     menyampaikan (komunikasikan) gagasan melalui karya  seni dan  budaya  (misalnya,      
     interpretasi seniman terhadap penggunaan balet klasik Barat).  
     Litertur (bahan diskusi)
     (1) art works
2.  Menjelaskan  pilihan yang dibuat dari  media, teknik, bentuk, subjek dan temayang 
     mengkomunikasikan  filsafat seniman   atas kerja seni dan budaya  (misalnya, pemilihan  
      pencahayaan panggung  untuk mengkomunikasikan  suasana hati) .              

3.  Menjelaskan  apa tujuan ide-ide filosofis yang dihasilkan oleh seniman  yang dapat 
    disampaikan melalui karya  seni dan  budaya  (misalnya untuk  merefleksikan kenangan dan 
    emosi dari suatu kejadian khusus).           

 4. Menganalisis dan menginterpretasikan posisi filosofis yang diidentifikasi  dari karya-
    karya  seni dan  budaya.
    Literatur (bahan diskusi)  (1) Historical criticism

Catatan / glossari
    1. Estetika ( Aesthetics) adalah sebuah cabang filsafat yang berfokus pada sifat keindahan, alam dan nilai seni serta  proses penyelidikan dan respons manusia yang mereka hasilkan.
    2. Kriteria estetik yaitu standar untuk membuat penilaian tentang nilai artistik sebuah karya seni, berasal dari nilai-nilai budaya dan emosional dan makna kognitif.
    3. Respon Estetik adalah sebuah jawaban filosofis untuk  kerja  seni.
    4. Artistik pilihan yaitu pilihan yang dibuat oleh seniman untuk menyampaikan makna.

    No comments:

    Post a Comment