Pelayanan Prima
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Perpustakaan adalah sebagai tempat penyelenggara informasi perlu
adanya sistem pelayanan yang baik dari pustakawannya. Pustakawan harus
memiliki visi yang jelas dalam melaksanakan tugasnya. Layanan
merupakan salah satu faktor penting untuk menarik pemustaka berkunjung
ke perpustakaan. Dengan kecepatan, ketepatan, dan keramah-tamahan
layanan, maka kepuasan pemustaka yang merupakan muara akhir dari
tujuan layanan perpustakaan akan tercapai. Citra perpustakaan akan
meningkat jika pelayanan prima bisa diimplementasikan di seluruh
bagian dari perpustakaan. Dengan adanya pelayanan prima di setiap
bagian maka akan muncul pelayanan yang bermutu yaitu, pelayanan yang
disediakan pada saat dibutuhkan, pelayanan sesuai dengan kebutuhan
pelanggan, pelayanan mudah didapatkan atau diakses oleh pelanggan,
pelayanan dapat dipercaya oleh pelanggan, tidak ada keraguan atau
resiko yang berkaitan dengan penggunaan layanan.
Layanan di atas hanya bisa dilakukan oleh orang yang memiliki
keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan, berpretasi dalam hal
penampilan, dan didukung oleh sarana dan prasarana yang mantap, ramah,
dan sopan.
Apabila semua komponen dari perpustakaan mulai dari bagian
parkir,bagian kantin, bagian pendaftaran, bagian sirkulasi, bagian
pengolahan, bagian pengembangan, bagian tata usaha dan bagian lainnya
memahami dan menerapkan pelayanan prima, maka tidak hanya jumlah
pengunjung perpustakan saja yang meningkat tetapi kualitas layanan
juga akan sangat dirasakan pemustaka, sehingga citra perpustakaan yang
selama ini masih terpuruk bisa meningkat serta menguasai teknologi
informasi.
Nama : firdaus
Alamat : gampong seupeu
No comments:
Post a Comment